Indonesia adalah negeri yang kaya raya mempunyai beribu pulau, suku, agama, adat, budaya serta tradisi yang sudah ada sejak dahulu. Keragaman yang ada membuat tradisi dan kebudyaan disetiap daerah mempunyai ciri khas dan keunikan masing-masing. Ciri khas dan keunikan yang ada menjadi simbol dan merupakan daya tarik tersendiri tradisi tersebut. Menjaga serta melestarikan budaya adalah suatu hal yang penting dilakukan karena budaya merupakan jati diri sebuah bangsa. oleh karena itu para pemuda harus bisa menjaga dan melestarikannya bukan saja tradisi daerah sendiri melainkan juga semua tradisi yang ada di Indonesia.

Kebudayaan adalah hasil akan dan budi manusia yang saling terikat oleh unsur-unsur yang ada. Menurut Koentjaraningrat kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, dan tindakan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dimiliki manusia dengan belajar. kebudayaan ini bersifat memaksa yang dijadikan sebuah nilai dan aturan di dalam sebuah masyarakat.Salah satu kebudayaan yang ada di Indonesia adalah Tari Topeng. Tari Topeng merupakan kebudayaan yang terkenal berasal dari Jawa Barat khususnya daerah Indramayu dan Cirebon. Dikatakan Tari Topeng, karena para penarinya saat pementasaan tari ini menggunakan topeng.

Didalam kesenian Tari Topeng ada banyak unsur kebudayaan (cultural universal) yang terdapat didalamnya. unsur-unsur tersebut adala:

1. Bahasa
Bahasa merupakan suatu pengucapan yang indah dalam sebuah kebudayaan serta sebagai alat perantara untuk berkomunikasi antar satu orang dengan orang lainnya. Bahasa yang umumnya digunakan di daerah Jawa Barat adalah Sunda tetapi lain halnya dengan dua daerah ini yakni Indramayu dan Cirebon menggunakan bahasa Jawa. Bahasa Jawa yang digunakan berbeda dengan bahasa Jawa di Jawa Tengah, Yogyakarta serta Jawa Timur. Hal tersebut dikarenakan dua kota tersebut merupakan kota persinggahan dan perbatasan dengan Jawa Tengah. Sudah sejak zaman dulu dalam kesenian Tari Topeng menggunakan bahasa Jawa begitupun juga dengan iringan lagu yang mengiri pagelaran Tari Topeng ini.
2. Sistem pengetahuan
Sistem Pengetahuan berupa pengetahuan tentang kondisi alam disekeliling serta penggunaan peralatan di kehidupannya. Dengan adanya kemajuan pengetahuan di segala bidang kehidupan sangat memudahkan manusia untuk menjalankan aktivitas sehari-hari dan menambah pengetahuan manusia akan sesuatu sehingga dapat meningkatkan taraf hidupnya. sistem pengetahuan ini dapat berupa flora dan fauna, pengetahuan tentang alam sekitar, waktu, ruang, dan bilangan, sifat-sifat dan tingkah laku sesama manusia serta tubuh manusia. Pada kesenian Topeng ini pengetahuan sangat diperlukan untuk menjaga dan melestarikan kesenian ini. Bagaimana untuk mempertahankan eksistensi Tari Topeng di zaman teknologi sekarang dan bersaing dengan kebudayaan dari luar yang masuk ke Indonesia. Pengesuaian kesenian dengan perkembangan zaman ini harus tetap mempertahankan nilai luhur yang terkandung didalamnya. Kita tahu bahwa pemuda beranggapan bahwa budaya asli indonesia itu kuno, alhasil banyak diantara mereka yang mengadopsi kebudayaan lain yang tidak sesuai dengan nilai dan norma yang ada.

3. Sistem kemasyarakat atau organisasi sosial
Sistem kemasyarakatan atau organisasi sosial merupakan sekelompok masyarakat dimana anggotanya memiliki kekerabatan yang sangat erat antar sesamanya. Indonesia adalah negara yang terkenal memiliki rasa kekeluargaan yang sangat tinggi. Di setiap kegiatan di masyarakat pasti akan selalu bekerja sama, gotong royong, dan saling membantu satu sama lain demi terlaksananya kegiatan tersebut. Dalam pementasan kesenian Tari Topeng warga masyarakat juga ikut serta membantu menyiapkan tempat pementasan terutama para laki-lakinya. Selain itu mereka juga menyiapkan sesaji sebagai syarat dalam pementasan Tari Topeng jika kesenian ini diadakan bukan semata sebagai hiburan tetapi pada acara sakral seperti hari jadi.

4. Sistem peralatan hidup dan teknologi
sistem peralatan hidup dan teknologi dapat berupa kebudayaan fisik berupa alat produksi, wadah, makanan dan minuman, peralatan yang digunakan. Pada kesenian Tari Topeng ini sangat mengikuti perkembangan zaman dan moderenisasi demi untuk menjaga eksistensi agar tetap dikenal dikalangan generasi muda. Ketika dulu pengiring Tari Topeng yaitu penyanyi hanya menggunakan suara aslinya tanpa alat bantu apapun sehingga suara yang dihasilkan tidak terlalu terdengar ditambah dengan banyaknya masyarakat untuk menonton kesenian ini. seiring berkambangnya zaman pengiring musik atau pengiring lagu tari topeng tidak harus mengeluarkan energi secara ekstra seperti dulu untuk mengiringi tari topeng, namun sekarang pengiring dapat menggunakan pengeras suara atau biasa yang disebut sound dan pengiring penyayi atau penyinden dapat menggunakan mic agar suaranya dapat terdengar lebih keras. cara ini dapat digunakan secara fleksible tergantung kebutuhan serta tergantung acaranya. contohnya pada acara lebih sakral seperti hari jadi kota ataupun acara ritual tahunan pada suatu desa atau lingkungan tertentu biasanya masih menggunakan media tradisional, sedangkan pada acara yang lebih moderen seperti pentas seni tari yang diadakan di dalam sekolah, fetival kebudayaan, pest rakyat dan masih banyak lagi.
5. Sistem mata pencaharian hidup
mata pencarian masyarkat di Desa yang umumnya sebagai petani, kini menjadikan sebuah profesi pengiring lagu tari topeng menjadi mata pencarian sampingan. Ada beberapa yang menjadikan mengiring atau penari tari topeng ini sebagai mata pencarian utama dikarenakan masyarkat atau beberapa orang sekitar yang sangat terpikat serta dengan senang hati menjadikan hobinya sebagai sesuatu yang menguntungkan dengan kata lain hobi yang dibayar. biasanya hal ini dilakukan oleh para pelajar, mahasiswa serta kaum-kaum muda dan beberapa penerus tari topeng sendiri yang menjadikan hal itu sebagai mata pencarian utama.

6. Religi atau kepercayaan
 unsur religi merupakan unsur utama dalam tradisi tari topeng. usnur religi adalah sebuah sistem antar keyakinan dengan praktek keagamaan yang berhubungan dengan hal-hal yang tidak dapat dijangkau oleh akar pikiran pada dasarnya tradisi tari topeng mengandung unsur religi karena tari topeng merupakan bentuk rasa syukur dan rasa terima kasih serta rasa hormat terhadap para leluhur kita terdahulu.

7. Kesenian.

Kesenian adalah segala hasrat manusia terhadap keindahan yang dapat memberikan kepuasa batin pada manusia. Bentuk kesenian dibagi dalam tiga garis besar yaitu seni rupa, seni suara, dan seni tari. Kesenian ini menjadi hiburan dan daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang ikut merayakan tradisi ini.

0 Komentar